Untuk mengetahui penyebab aki tekor setelah pasang HID maka sebelumnya harus memahami dulu prinsip pengisian aki motor
kelistrikan motor bersumber dari arus yang ditimbulkan dari gerakan medan magnet yang memotong kumparan di motor ( kita sebut sepul/stator)
![]() |
Sepul/Stator |
kelistrikan motor pada pada garis besar dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kelistrikan DC dan kelistrikan AC
pada motor kelistrikan tipe DC ciri khasnya adalah semua arus lampu kendaraan disuplai dari aki, begitu kontak on tanpa mesin nyala maka semua lampu bisa dinyalakan (kecuali pulsar 135 yg ada relay lampu). sedangkan kelistrikan AC untuk menyalakan lampu utama harus mendapat arus dari sepul ( mesin harus nyala)
untuk memasang HID yang notabene memerlukan kelistrikan stabil dan besar (>3A) pada motor DC tidak akan mempunyai banyak masalah, karena tidak memerlukan banyak ubahan tinggal PnP saja pasti hidup.
masalah baru terjadi apabila HID diinstal pada kendaraan tipe AC, karena suplai arus dari sepul via kiprok standar yang menuju aki sangat terbatas, contohnya untuk sepul honda vario yg punya 12 sepul 12 pole, dari total 12 pole, jumlah pole yang menuju ke pengisian aki hanya 3 buah, sedangkan 9 pole sisanya digunakan untuk menyalakan lampu
hanya 3 pole untuk mensuplai aki tidak akan kuat untuk memenuhi kebutuhan HID, sedangkan sisa 9 pole yang seharusnya digunakan ke lampu malah tidak terpakai karena HID mengambil arus dari AKI, bukan dari sepul lampu.
untuk menaikan arus yang menuju ke kirprok untuk mengisi aki, semua pole sepul harus dimodifikasi untuk mengisi ke aki. 9 pole sepul yang tidak dipakai harus digunakan untuk bersama dengan 3 sepul aki (sistemnya dinamakan fullwave).
setelah masalah sepul beres maka timbul masalah lain karena Kiprok bawaan motor tidak dirancang untuk tipe sepul fullwave, kiprok harus diganti dengan tipe kiprok fullwave misal Kiprok Tiger, Byson, atau pakai Kiprok DC yanglainnya.
![]() |
Kiprok Tiger |
![]() | ||
Kiprok Dc Fukuyama |
solusi paling gampang adalah pakai HID 25w x 2 biji, sehingga kebutuhan arus akan turun drastis. Tetapi apabila anda memerlukan daya extra dari sepul dan bersikeras memakai HID 35 x 2 biji atau HID 50w x1 buah, maka solusi paling jitu adalah gulung sepul!.
kawar sepul standar akan dibongkar dan digulung sepul diganti dengan kawal email yang lbh besar. apabila gulungan tepat dan rapat akan meningkatkan arus yang dihasilkan sepul dengan drastis. dari pengukuran kami dengan gulung sepul yang tepat maka akan didapatkan daya tambahan sekitar 30%. yang cukup untuk mensuplai HID 35w x 2 buah.
Nah jadi solusi agar aki tidak tekor saat pasang lampu Hid adalah dengan merubah sistem kelistrikan Ac ke Full Dc.
Disini saya ingin mengambil contoh merubah kelistrikan Satria F150 menjadi Full Dc atau Fullwave, seperti ini :
Sama kayak Honda Beat/Vario, modifikasi fullwave Suzuki Shogun NR, Satria FU150, dan Arashi musti “disconnect” ground spul. Asalkan ketemu mana kawat stator yang nempel ke ground, tinggal ngikut langkah-langkah selanjutnya di bawah
Lanjut, ini sepul/stator milik Satria f150
![]() |
Stator Satria FU150 (tab ground ditandai lingkaran merah) |
Sesuai gambar di atas, kawat spul yang terhubung ke tab GROUND spul musti dicabut/dipotong …
![]() |
Kawat ground spul dicabut/dipotong |
![]() |
Skema rangkaian fullwave |
Cara masang iclm 7812 ke sepedo gimana mas mohon pencerahan ya suhu... sepedo ane satria fu
BalasHapusCara masang iclm 7812 ke sepedo gimana mas mohon pencerahan ya suhu... sepedo ane satria fu
BalasHapusEmang knapa mas speedonya? Itu ic kan buat penyearah arus doank mass
HapusIC LM7812/7815 dls adalah IC untuk regulator tegangan arus DC.tegangan yg masuk ke Ic tsb akan dibatasi sesuai angka yg tertera pada badan IC tsb.
BalasHapusitu pembatas arus . jadi misalkan kiprok keluar 16v maka ketika melewati ic 7812 akan keluar 12v . jadi spedo tetap aman karna hanya di masukin 12v atau standar pabrik
BalasHapusIni mas motor saya satria fu suda pake ciprok tiger tapi kenapa kalau lampunya di matikan motornya tdk mau digas sekarang tamba parah lampunya putus terus. mohon pencerahanya mas
BalasHapusmotor saya aku rubah ke arus DC
BalasHapustak kasih lampu LED kalau disein lampunya kedap kedip sama kalau direm juga ikut redup
solusinya gimana ya bung!!
Saya pake Satria FU juga mengalami hal yg sama juga.. kenapa ya, padahal saya coba akal pake relay, sebelumnya malah dari orang variasinya mutus langsung ke aki, mangkanya tekor..
Hapusrata" permasalahan sama ya.
BalasHapusSatria FU saya juga baru ganti ke arus DC, kalau pakai lampu halogen dan kondisi nyala, bel ga mau bunyi dan lampu sein ga mau kedip.
tp kalau lampu dimatikan, baru bisa di bel dan sein bisa kedip.
akhirnya ganti lampu LED depan 1 biji sama stoper juga pakai LED, permasalahan ganti di speedo kalo di gas malah kedip/reset. cek tegangan kluar kok bisa sampai 19volt DC lebih ya.?
apa kiprok tiger bisa sampe segitu outputnya.?
rencana mau nambahin IC LM7812/7815 untuk inputan speedo, tp pasti ada permasalahan lagi di panas IC yg ditimbulkan. kalo pasang heatsink malah makan tempat..
kira" salah dimananya ya.?
nb: ada tambahan aksesoris remot pengaman pake hp power lgsg ambil dari aki, tp sudah saya ukur utk arus.nya ga besar" banget, cuman 0.02Ah kondisi standby. kalo konek hp cuman 0.01Ah.
nyimak . ngk tau apa apa saya .
BalasHapusbiasax cuma pasang lampu u1. postf smbung di lampu jauh negtif sambung body
#satria fufi..
udah gtu aja .
untuk yang tegangannya sampe 15v lebih ane punya pengalaman pake megapro yang mirip regulatornya dg punya tiger, itu jalur dari regulator yang tengah untuk beban (lampu, klackson dsb) disambung juga dengan jalur aki jadi tegangannya tetap terkontrol gak melebihi 14-15v.. mungkin semacam sensor voltage CMIIW
BalasHapus