Lahirnya Honda New Sonic 150R jelas mengusik kenyamanan Suzuki Satria
FU 150. Eksistensi ”ayam jago” Suzuki memang sudah teruji. Namun, jagoan
Honda juga tak kalah ilmu. Kini keduanya akan saling senggol, dan pasar
akan menentukan siapa yang paling jago di antara keduanya.
Ane sendiri pun belum berani memprediksi sepak terjangnya di pasar bebek sport
nasional. Namun, yang bisa dilakukan saat ini adalah membandingkan
spesifikasi keduanya. Perbandingan dilihat dari data teknis resmi
masing-masing, termasuk mesin dan teknologi.
Secara dimensi,
mereka mirip. Sonic sedikit lebih pendek, sedangkan Satria lebih
ramping. Jarak jok ke tanah juga mirip, di kisaran 76 cm. Namun, Satria
lebih ringan dengan berat kosong 95 kg dibandingkan Sonic dengan 114 kg.
Kapasitas tangkai bahan bakar Satria lebih banyak 0,2 liter.
Soal
mesin, keduanya beda teknologi. Satria masih mengandalkan sistem suplai
bahan bakar karburator, sementara Sonic sudah injeksi khas Honda.
Keduanya menerapkan teknologi DOHC. Mesin Satria berkapasitas 147,3 cc,
sementara Sonic 149,16 cc. Perbandingan kompresi Satria 10,2:1,
sedangkan Sonic lebih tinggi, yakni 11,3:1.
Soal tenaga dan
torsi, keduanya saling sundul. Satria dan Sonic sanggup mengeluarkan
tenaga maksimal yang sama, yakni 16 tk atau setara 15,7 tk. Namun, angka
tersebut dicapai pada putaran mesin 9.000 rpm untuk Sonic, dan 9.500
rpm untuk Satria. Torsi puncak Satria lebih kecil, yakni 12,7 Nm @8.500
rpm dibandingkan Sonic di angka 13,5 Nm @6.500 rpm.
Dari
angka-angka tersebut sudah bisa digambarkan bahwa akselerasi Sonic akan
lebih responsif, dilihat dari torsi lebih besar yang dicapai pada rpm
lebih rendah. Namun, bobot Sonic yang lebih berat bisa membuat keduanya
seimbang.
Ayo bro pilih yang mana nih, kalo ane mah tetep lah Satria Fu wkwkw
Tidak ada komentar :
Posting Komentar